Sabtu, 30 Juli 2016

9 Manfaat Buah Jambu Jamaika untuk Kesehatan


Buah jambu Jamaika atau yang masyarakat Indonesia kenal sebagai Jambu Bol. Sebenarnya buah satu ini merupakan komoditi asli dari Indonesia. Konon, penamaan buah Jambu Jamaika dikarenakan warna kulit buah yang mirip dengan warna kulit orang Jamaika. Ada juga yang mengatakan penamaan itu hanya untuk mendongkrak popularitas buah. Mengesampingkan masalah penamaannya, jambu bol merupakan salah satu yang terfavorit.
Tentang Pohon Jambu Jamaika
Pohon jambu Jamaika atau jambu bol ini terbilang sedang hanya sekitar 15 meter saja, pohonnya bercabang rimbun sehingga cocok untuk jadi peneduh di halaman rumah. Selain itu, bunganya yang berwarna keunguan juga terbilang cantik. Daging buahnya padat dan memiliki tekstur yang lembut, gurih, serta rasanya manis legit. Rasa buah yang enak inilah yang menjadikan jambu jamaika atau jambu bol sebagai salah satu jambu primadona dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan jenis jambu lainnya. Termasuk karena budidayanya sendiri masih terbilang jarang.
Jambu jamaika telah tersebar di seluruh Indonesia bahkan dapat tumbuh dengan ketinggian tanah mencapat 1.200 mdpl. Untuk menanamnya bisa dengan menggunakan biji atau cangkok. Musim bungan biasanya pada bulan Mei sampai Juni dengan masa panen sekitar dua atau tiga bulan kemudian. Namun, buah jambu satu ini dapat terus berbuah sepanjang tahun. Jambu jamaika dapat berkembang pesat jika hujan terus berlangsung, sementara ketika musim kemaran maka jambu tidak akan berbuah atau sedikit lebih sulit.  Karenanya, jambu jamaika sangat cocok untuk dibudidayakan di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Untuk daerah dengan curah hujan biasa atau kurang, jambu jamaika masih bisa ditanam dengan masa panen kurang lebih tiga tahun setelah ditanam.
Kandungan Nutrisi Buah Jambu Jamaika
Jambul jamaika atau jambu bol memiliki daging buah yang padat dan tebal berwarna putih dengan rasa yang manis. Bahkan, wanginya pun berbau khas sekali. Buah satu ini tidak hanya menawarkan rasa yang enak, tetapi juga kandungan nutrisi di dalamnya cukup banyak, tidak jauh berbeda dengan jambu lain seperti jambu air atau jambu cincalo. Berikut adalah kandungan gizi dalam buah jambu jamaika yang telah dilakukan penelitian dengan mengambil sampel sebanyak 100 gram, dengan bagian jumlah yang dapat dimakan sebanyak 67% :
  • Energi sebesar 56 kilokalori
  • Protein sebesar 0, 6 gram
  • Lemak sebesar 0, 3 gram
  • Karbohidrat sebesar 14, 2 gram
  • Kalsium sebesar 29 miligram
  • Fosfor sebesar 16 miligram
  • Zat Besi sebesar 1 miligram
  • Vitamin A sebesar 130 IU
  • Vitamin B1 sebesar 0, 02 miligram
  • Vitamin C sebesar 22 miligram
Dilihat dari kandungan nutrisi yang ada dalam buah jamaika, sudah pasti buah ini memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh kita. Maka, dengan rutin mengkonsumsi buah jamaika, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat seperti yang tersebut berikut ini :
1. Menjaga kesehatan mata
Buah jambu jamaika memiliki kandungan  Vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Dengan mengkonsumsi buah jambu jamaika secara teratur, dapat membantu Anda terhindar dari gangguan mata (misalnya, mata minus). Bahkan, buah ini juga bisa membantu memperbaiki penglihatan hingga menjadi lebih cerah.
2. Menjaga kesehatan kulit
Dengan kandungan vitamin C dan vitamin A di dalamnya, buah jamaika juga bisa membantu menjaga kulit Anda agar tetap sehat. Menjadikan kulit lebih cerah dan segar.

0 komentar:

Posting Komentar